Selasa, 27 April 2010

Logic Gates

Ada terutama 7 jenis gerbang logika yang digunakan dalam ekspresi. Dengan menggabungkan mereka dengan cara yang berbeda, Anda akan dapat melaksanakan semua jenis komponen digital. Lihatlah setiap gerbang logika dasar dan operasi mereka.
  • NOT Gate Inverter
Seperti namanya, gerbang ini digunakan untuk menghasilkan output terbalik.  Ini adalah gerbang yang paling sederhana dengan logika input output tunggal tunggal.  Simbol logika dan tabel kebenaran ditunjukkan di bawah ini.  Ketika seorang 0 [RENDAH] diberikan untuk input, output akan menjadi 1 [TINGGI]. . Jika input TINGGI diberikan, output akan RENDAH.

NOT Gate Symbol




NOT Gate Symbol

Truth Table-NOT Gate


  Tabel Kebenaran -NOT Gate 

  • AND GATE
  • Dalam jenis ini gerbang logis, bisa ada 2 atau beberapa jumlah masukan.  Operasi dilakukan oleh gerbang disebut "DAN" operasi.  Simbol logika dan tabel kebenaran ditampilkan di bawah.  A 2-masukan DAN gerbang ditampilkan di bawah.  Jika kedua masukan A dan B TINGGI, maka output juga akan TINGGI.  Jika keduanya atau salah satunya adalah rendah, maka output juga akan rendah.
    AND Gate

                                                AND Gate
    Truth Table-AND Gate

    Truth Table-AND Gate 
    • OR GATE
    Dalam jenis gerbang logika, operasi yang dilakukan oleh gerbang disebut "ATAU"  Simbol logika dan tabel kebenaran ditunjukkan di bawah ini. Sebuah gerbang OR 2-masukan ditampilkan di bawah.  Jika salah satu dari kedua masukan atau input HIGH, maka output akan TINGGI.  Jika kedua input LOW, maka output juga akan rendah.
    OR Gate

    OR Gate OR Gate
    Truth Table-OR Gate

    Tabel Kebenaran 
     Gerbang-OR
    • NAND Gate and NOR Gate
    Karena Anda telah memahami kerja DAN Gate, OR Gate, dan gerbang NOT, mudah untuk memahami kerja gerbang NAND dan NOR juga. Sebuah Gerbang NAND adalah kombinasi dari gerbang AND dan NOT Gate. . Simbol logika dan tabel kebenaran ditunjukkan di bawah ini. Outputnya akan hal yang berlawanan dari Gerbang DAN.  Artinya, jika kedua input TINGGI, output akan RENDAH.  Jika kedua input RENDAH, atau salah satu dari mereka adalah RENDAH, output akan TINGGI.
    NAND Gate


      Gerbang NAND
    Truth Table-NAND Gate


      Tabel-Kebenaran NAND Gate

    Sebuah Gerbang NOR adalah kombinasi dari Gerbang OR dan NOT Gate.. Simbol logika dan tabel kebenaran ditunjukkan di bawah ini. Outputnya akan hal yang berlawanan dari Gerbang OR. Artinya, jika ada salah satu atau kedua input input HIGH, maka output akan RENDAH. Jika kedua input LOW, maka output akan TINGGI.


    NOR Gate

    NOR Gate Gerbang NOR
    Truth Table-NOR Gate

      Tabel Kebenaran Gerbang-NOR
     
    Kedua gerbang yang biasanya disebut sebagai Universal Gates, karena salah satu dari mereka dapat digunakan untuk menciptakan DAN dasar, OR dan gerbang NOT.



    • Gerbang dan Gerbang EXNOR
    Dalam Gate EXOR, jika kedua input TINGGI, atau jika kedua input RENDAH, output akan RENDAH. If Jika salah satu dari dua input adalah TINGGI, output akan TINGGI.. Simbol logika dan tabel kebenaran adalah sebagai berikut.
    EXOR Gate

    EXOR Gate EXOR Gate
    Truth Table-EXOR Gate

     KebenaranTabel-EXOR Gate
      Sebuah Gerbang EXNOR akan hal yang berlawanan dari Gerbang EXOR. Artinya, jika kedua input TINGGI, atau jika kedua input RENDAH, output akan TINGGI.  Jika salah satu dari dua input adalah TINGGI, output akan RENDAH.  Simbol logika dan tabel kebenaran adalah sebagai berikut.
    EXNOR Gate

    EXNOR Gate
    Truth Table-EXNOR Gate

    Kebenaran Tabel-EXNOR Gate
     
      Gerbang XOR Biasanya tidak termasuk dalam daftar karena logika bisa dengan mudah diimplementasikan dengan bantuan gerbang lainnya.Implementasi mudah menggunakan Gerbang AND, OR Gerbang dan Gerbang TIDAK ditampilkan di bawah.

    1 komentar:

    gan..posting buat flowchart dengan banyak pengkondisian donk..
    saya masih bingung dengan ini..

    thanks.

    Share

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More